Berita Update dan Terkini

Jumat, 12 Februari 2021

Coklat Monggo, Coklat Asli Jogja



Tak hanya dikenal sebagai kota gudeg dan bakpia saja, namun Jogja juga dikenal dengan buah tangan yang saat ini sudah sangat terkenal, yaitu Coklat Monggo. Coklat bergaya Swiss ini diproduksi di Pabrik Coklat Monggo yang beralamat di Dalem KG III/978 RT 43 RW 10 Purbayan Kotagede, Yogyakarta.

Cokelat Monggo adalah cokelat asli dari Jogja. Di awali oleh pria asal Belgia yang bernama Thierry Detournay datang ke Jogja pada tahun 2001. Pria tersebut kecewa dengan rasa cokelat yang ada di toko-toko di Indonesia, karena itu dia membuat sendiri cokelat dengan cita rasa Belgia dengan sumber daya yang seadanya. 

Pria penggemar cokelat ini kemudian memberikan kepada teman-temannya di Indonesia. Tidak disangka, respon positif dari teman-temannya membuat pria ini memproduksi cokelat lebih banyak lagi dan mencoba menjajakannya di daerah UGM dengan vespa tua yang berwarna pink. Hal itu ia lakukan hanya untuk kesenangan semata. Nah kemudian pada tahun 2005, muncul ide untuk membuka toko. Lalu dibuatlah sebuah CV. Anugerah Mulia untuk memproduksi cokelat buatannya.

Sedangkan kata "Monggo" yang berasal dari kata dalam Bahasa Jawa yang berarti "silahkan" yang selalu digunakan oleh orang-orang Jogja untuk mempersilahkan jika ada tamu ataupun pada saat kita lewat di depan orang. Nama "Monggo" cukup menggambarkan budaya Jawa, khususnya Jogja sehingga nama tersebut dipilih sebagai nama produk Cokelat Monggo. 

Kemasan Cokelat Monggo cukup unik dan elegan. Cokelat Monggo dikemas secara apik menggunakan kertas daur ulang dan kertas yang telah bersertifikat FSC. Kemasannya pun menampilkan ciri khas kota Yogyakarta yang kental akan nilai-nilai tradisi dan budayanya. Cokelat Monggo dari kota gudeg ini meminimalisir penggunaan plastik dalam proses produksinya. Dilakukan dalam proses produksi yang ramah lingkungan namun tetap mempertahankan nilai serta kualitas.

Salah satu keunikan pabrik cokelat asal Jogja yang satu ini terletak pada keunikan oultet yang dikemas sangat eye cathing sehingga dapat menambah daya tarik wisatawan yang sedang berkunjung ke kota Jogja. Bahkan ada pula yang menjadikan kunjungan ke dapur Monggo sebagai agenda utama saat berlibur di Jogja. 

Sebagai produk yang mendukung pelestarian lingkungan, produk Coklat Monggo dikemas menggunakan alumunium foil, kemudian dilapisi kertas daur ulang. Penggunaan plastik pada pengemasan produk diklaim tidak lebih dari 2%. 

Di bawah ini, telah kami rangkum berbagai bentuk dan kemasan pada produk Coklat Monggo, diantaranya:

1. Monggo Tablets 80 gram
Cokelat seukuran tablet atau yang juga disebut cokelat papan ini memiliki berat 80 gram. Isinya terdiri dari lima belas kotak kecil sehingga cukup besar untuk digenggam. Cokelat papan ini memiliki 22 varian rasa dengan berbagai persentase komposisi kakao, mulai dari 33 % sampai 100%. Jenis cokelat yang digunakan juga bervariasi, mulai dari cokelat putih hingga bebas gula semua ada. 

Cokelat papan ini dulunya dikemas dengan kertas daur ulang yang memiliki warna dasar cokelat muda. Konsepnya ialah desain vintage a la Eropa. Namun, kini desainnya dimodifikasi menjadi lebih bersahabat dengan generasi milenial. Warna pastel yang lembut dipilih untuk merepresentasikan setiap varian rasa.

2. Monggo Bars 40 gram
Di antara semua produk Coklate Monggo, kemasan dalam bentuk bars atau batang ini adalah yang paling kecil ukuran dan beratnya, yaitu 40 gram. Produk ini memiliki empat belas varian rasa dengan persentase komposisi kakao paling rendah 33%, sementara paling tinggi ialah 69%. Terdapat empat varian rasa buah, yaitu mangga, durian, stroberi, dan nanas.

Sama seperti produk cokelat papan, Coklate Monggo batang juga dikemas dengan kertas daur ulang. Dengan bentuk dan kemasan minimalis, tentunya akan lebih mudah dibawa dalam kantong maupun pouch.

3. Kids Product
Komposisi utama Coklate Monggo ialah fine cacao atau kakao mulia yang kandungan nutrisinya lebih baik dibandingkan produk cokelat susu. Namun, rasa cokelat ini cenderung lebih pahit sehingga lebih disukai orang dewasa dibandingkan anak-anak. Padahal cokelat sangat digemari oleh anak-anak.

Untuk menyiasatinya, Coklate Monggo membuat varian kemasan khusus anak-anak. Varian yang diberi nama Kids Product ini memiliki tiga macam bentuk dan kemasan, yakni dinosaurus, kupu-kupu, dan robot. Komposisi cokelat pada produk ini pun dikombinasi agar sesuai dengan selera anak-anak.

0 komentar:

Posting Komentar