Berita Update dan Terkini

Kamis, 17 September 2020

Mengeluh Mobil Boros BBM? 4 Cara ini Bisa Anda Terapkan Agar Mobil Lebih Hemat BBM



Apakah Anda salah satu pengguna mobil yang sering mengeluhkan borosnya BBM? Saat memutuskan membeli mobil pun sebenarnya secara tidak langsung Anda dituntut untuk siap mengeluarkan banyak uang untuk perawatan mobil. Termasuk membeli BBM dengan Voucher Shell. Namun, ketika mobil semakin hari semakin boros BBM, tentu Anda juga bingung harus melakukan apa. Apalagi dalam keseharian Anda membutuhkan mobil guna menunjang mobilitas.

Ketika ingin menghemat BBM, bukan berarti Anda disarankan untuk memuseumkan mobil di garasi lalu memanfaatkan transportasi umum. Meski memanfaatkan transportasi umum bisa menjadi bentuk kepedulian Anda untuk mengurangi padatnya lalu lintas serta mengurangi polusi, namun pada situasi tertentu mengendarai mobil pribadi memang lebih efektif. Apalagi rute transportasi umum tersebut bisa jadi tidak melalui tempat tujuan Anda. Sehingga mengendarai mobil pribadi masih menjadi solusinya.

Cara Hemat BBM

Ya, ada cara lain yang bisa membantu Anda agar bisa meminimalisir penggunaan BBM. Apa saja cara tersebut? Berikut ulasannya.

1. Jangan ngebut
Jika Anda terobsesi untuk menjadi pembalap dan suka kebut-kebutan di jalan, maka mulai hari ini hilangkanlah kebiasaan tersebut. Tidak hanya demi keamanan dan keselamatan Anda, hal ini juga akan membantu Anda untuk tidak boros BBM. 

Sebab ketika mobil dikemudikan dengan kecepatan konstan, maka mobil akan mengeluarkan sedikit polusi. Berbeda ketika Anda terlalu sering menaik-turunkan kecepatan, dimana hal ini akan membuat BBM cepat berkurang. Oleh karena itu, hindarilah bepergian di jam-jam genting agar Anda tidak perlu mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi.

2. Eliminasi eksterior yang kurang fungsional
Semakin banyak dan berat barang-barang yang ada di dalam mobil, maka ini akan membuat mesin mobil bekerja ekstra agar mobil tetap bisa melaju. Dan ketika mesin mobil bekerja ekstra ini, otomatis penggunaan BBM akan meningkat. Untuk itu lepaskan eksterior mobil yang tidak dibutuhkan agar bobot mobil lebih ringan. 

3. Matikan AC
Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghemat BBM adalah dengan mematikan AC. Perlu diketahui bahwa AC yang menyala akan turut menyerap 10 persen BBM lebih banyak. Agar suhu mobil tetap membuat nyaman, Anda bisa menyiasatinya dengan membuka jendela mobil. Namun hindari membuka seluruh jendela mobil agar tidak menimbulkan hambatan udara yang justru membuat mobil lebih berat dan mesin akan bekerja lebih keras.

Akan tetapi, jika cuaca sedang terik-teriknya, mungkin Anda tidak akan cukup mendapatkan udara dari jendela. Sebenarnya boleh-boleh saja menyalakan AC, tapi sebaiknya tidak terlalu sering. Oh ya, jangan lupa bawa voucher Shell setiap kali bepergian agar bisa digunakan untuk membeli BBM.

4. Perlukah memanasi mobil?
Biasanya mobil akan dipanasi sebelum digunakan untuk bepergian. Hanya saja, usahakan untuk tidak memanasi mobil terlalu lama. Karena tidak jarang Anda menyalakan mesin mobil padahal Anda saja masih belum bersiap-siap untuk pergi. Ini membuat mesin mobil menyala terlalu lama padahal tidak sedang dikendarai. Jadi, panasi mobil secukupnya saja agar BBM tidak cepat habis.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda terapkan sebagai upaya untuk menghemat BBM. Sekalipun Anda memiliki banyak stok voucher Shell, sebaiknya Anda tetap meminimalisir penggunaan BBM agar voucher Anda bisa digunakan pada kondisi yang tepat. Lebih dari itu, menghemat penggunaan BBM juga bisa menekan pengeluaran Anda loh. Lumayan kan jika sisa budget untuk beli BBM Anda alihkan untuk ditabung?

0 komentar:

Posting Komentar