Berita Update dan Terkini

Selasa, 25 Februari 2020

Sejarah Pertunjukan Barongsai yang Selalu Ada Saat Perayaan Imlek



Selain kembang api maka ada satu lagi jenis pertunjukan yang paling dinantikan oleh masyarakat saat datangnya imlek atau tahun baru China, diantaranya adalah Barongsai. Pastinya sudah tidak asing lagi dengan pertunjukan yang satu ini bukan. Ia adalah sebuah tarian yang mengenakan kostum boneka yang bentuknya mirip hewan dengan warna-warni yang cantik. Biasanya akan dimainkan dengan atraksi yang tak kalah seru pastinya.

Ada banyak sekali fakta unik Barongsai ini, termasuk juga ia memang tidak dimainkan secara sembarangan, karena ada makna yang tersimpan di balik pertunjukan yang satu ini. Adapun juga sebenarnya sejarah dari keberadaan Barongsai ini sehingga sampai saat ini ia masih sering dimainkan atau dijadikan sebagai pertunjukan kala tahun baru China tiba. Banyak cerita legenda tentang Barongsai ini yang beredar di tengah-tengah masyarakat. Salah satu diantaranya yang begitu populer adalah kisah mengenai ‘Nian’

Nian ini adalah makhluk mengerikan yang kerap kali muncul pada saat awal musim semi atau ketika tahun baru imlek dan sering kali menganggu manusia. Guna menakut-nakuti makhluk tersebut agar tidak sampai mengganggu manusia maka kemudian dilakukan berbagai macam cara, salah satu diantaranya adalah dengan pertunjukan Barongsai. Karena menurut asal-usulnya sendiri Barongsai ini memang dipercaya sebagai senjata yang dapat mengusir para roh jahat. Karena para roh jahat ini dipercaya dapat menjadi sangat ganas ketika sudah memasuki tahun baru Imlek. Apalagi pada saat ini para dewa maupun demi kembali menuju khayangan untuk menghadap kepada kaisar langit.

Dengan alasan itulah mengapa pasti selalu ada tarian atau pertunjukan Barongsai ketika tahun baru imlek. Tak hanya itu imlek juga identik dengan berbagai macam hiasan atau ornamen dengan warna merah yang digantung di rumah, karena dipercaya bahwa warna merah ini ditakuti oleh nian. Dapatkan informasi ataupun artikel-artikel yang tidak kalah seru lainnya hanya di blog EF Adults, langsung saja kunjungi situsnya.

0 komentar:

Posting Komentar