Berita Update dan Terkini

Jumat, 18 Oktober 2019

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar dan Sedikit



Haid memang merupakan hal yang secara normal dialami oleh wanita dalam setiap bulannya. Iya lancar atau tidaknya haid menunjukkan subur atau tidaknya sistem reproduksi seorang wanita. Wanita yang mengalami haid tidak lancar tentunya akan menjadi masalah tersendiri. Sebab hal tersebut menunjukkan bahwa kondisi sistem reproduksi dari seorang wanita. Nah untuk itu, sebagai seorang wanita kita tentunya harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab haid tidak lancar dan sedikit agar nantinya dapat segera mengatasi masalah tersebut. Nah untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah beberapa penyebab haid tidak teratur:

1. Sedang hamil
Nah jika Anda mengalami keterlambatan haid, cobalah untuk melakukan pemeriksaan. Jika haid terhenti, maka dimungkinkan seorang wanita sedang hamil. Iya sebaiknya Anda segera mengeceknya sehingga nantinya mengetahui masalah yang terjadi. 

2. Sedang menggunakan alat kontrasepsi
Tahukah Anda ternyata menggunakan alat kontrasepsi seperti spiral, pil KB, dan lain sebagainya menyebabkan perubahan yakni berupa flek diantara siklus haid. Spiral atau IUD dapat mengakibatkan darah keluar lebih banyak atau biasanya terasa nyeri pada perut saat menstruasi. Atau dapat juga terjadi darah pada awal penggunaan pil KB.

3. Pola hidup yang kurang baik
Pola hidup yang kurang baik tentunya menjadi salah satu faktor mengapa haid Anda tidak teratur. Pola hidup yang kurang sehat mulai dari pola makan, berat badan yang menurun atau terlalu naik, kemudian kondisi yang stres juga menjadi faktor penyebab mengapa haid Anda kurang lancar. Untuk itu pastikan Anda mengatur pola hidup sehat mulai dari menjaga pola makan, menjaga berat badan ideal, berolahraga secara teratur, serta sesekali menyegarkan pikiran agar tidak mudah stres.

Bagi Anda yang tidak menyiapkan pembalut namun tiba-tiba haid datang, lalu bagaimana cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut? Caranya yakni dengan menggunakan beberapa jenis barang mulai dari kapas, kertas toilet, waslap, lap, atau juga bisa menggunakan kaos kaki. Nah itu dia beberapa yang menjadi penyebab haid tidak lancar dan sedikit dan beberapa tips mengatasi haid ketika tidak menyiapkan pembalut. 

2 komentar: