Berita Update dan Terkini

Kamis, 17 Oktober 2019

5 Cara Efektif Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi



Perlu diketahui bahwa kolesterol terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh. Semua orang di dunia ini tentunya memiliki kolesterol di dalam tubuhnya. Dimana kolesterol ini terbagi menjadi 2, yakni kolesterol jahat (LDL), dan kolesterol baik (HDL). Kolesterol jahat (LDL) ini merupakan kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sedangkan kolesterol baik (HDL) merupakan kolesterol yang bermanfaat untuk tubuh yang berfungsi untuk melaritkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Lalu bagaimana cara menurunkan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh secara efektif? 

Berikut dibawah ini 5 cara efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi diantaranya yaitu : 

1. Minum Air Jeruk Nipis Setiap Pagi dan Malam
Cara yang pertama untuk menurunkan kolesterol secara alami adalah dengan meminum jeruk nipis. Soalnya, jeruk nipis ini kaya akan kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai anti-oksidan kuat. Dimana, anti-oksidan ini bisa membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang bisa merusak sel-sel sehat di dalam tubuh. Caranya juga sangat mudah, anda cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi hari dan malah hari sebelum tidur. Lakukanlah cara ini secara rutin sehingga kadar kolesterol jahat di dalam tubuh anda akan berkurang.

2. Minum Jus Anggur
Cara yang kedua untuk menurunkan kadar kolesterol jahat adalah dengan meminum jus anggur. Karena pada anggur ini terdapat kandungan anti-oksidan seprti resveratol dan piceatannol yang menghasilkan fitonutrien. Dimana fitonutrien ini berfungsi sebagai zat anti mikroba. Selain itu, anggur juga mengandung flavonoid yang juga berfungsi sebagai anti-oksidan. Untuk bisa merasakan manfaatnya, anda bisa meminum jus anggur minimal sehari sekali secara rutin sehingga kadar kolesterol jahat di dalam tubuh anda semakin menurun.

3. Jambu Merah
Selain enak rasanya, ternyata jambu merah ini memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan tersebut diantaranya fitonutrien, anti-oksidan, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B3, Vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, jambu merah ini juga bisa dijadikan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol jahat secara alami. Dalam hal ini, anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dibuat jus.

4. Kulit Manggis
Manggis yang merupakan jenis buah dengan rasa yang sangat manis, ternyata kulitnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Karena kulit manggis ini dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.  Hal ini dikarenakan pada kulit manggis terdapat kandungan xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai zat anti-kanker dan ati-oksidan, jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan vitamin C dan E. Dalam pengaplikasiannya, anda bisa memilih mengonsumsi ekstrak kulit manggis yang banyak dijual di pasaran atau dengan cara memblendernya sendiri kulit manggis lalu meminumnya langsung.

5. Mengonsumsi Biji-Bijian Utuh
Cara yang terakhir untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh secara alami adalah dengan mengonsumsi biji-bijian utuh. Karena kandungan nutrisi yang tinggi di dalam biji-bijian utuh bisa meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh untuk berkembang dengan baik guna mencegah efek dari radikal bebas baik itu dari luar maupun dalam tubuh. Selain itu, bijia-bijian untuh ini juga sangat penting untuk kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti tembaga, seng, fosfor, magnesium, protein, fiber, zat besi, mangan, selenium, dan Vitamin B.

Kelima cara diatas tidak hanya sebagai cara efektif untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi saja, tetapi juga merupakan cara aman karena mengandung bahan alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping.

1 komentar: