Berita Update dan Terkini

Minggu, 08 September 2019

9 Masalah Kesehatan yang Dapat Dipercayakan Pengobatannya Pada Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin



Dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin memang ada di hampir semua rumah sakit besar di Indonesia, sehingga jika seandainya pasien mengalami masalah yang berhubungan dengan hal tersebut, maka bagian yang hendaknya dituju memang ke dokter SpKK ini, bukan yang lainnya. faktanya sendiri jika dilihat masalah kesehatan yang dialami oleh setiap orang berbeda-beda. Bergantung akan kondisinya dan meskipun sama-sama dokter, namun tidak semuanya menangani setiap kondisi tersebut, apalagi yang sifatnya sudah serius.

Dokter yang menangani masalah kulit dan juga kelamin ini umumnya memiliki pengetahuan dan juga keterampilan klinis yang lebih di bidang penyakit kulit dan juga kelamin. Mulai dari menentukan diagnosa, sampai dengan pengobatannya. Sesuai dengan namanya sendiri dokter ini biasanya akan menangani beberapa jenis penyakit, seperti diantaranya adalah:

  1. Kanker kulit, ini adalah masalah kesehatan yang sifatnya cukup serius, melanoma ini merupakan jenis kanker yang menyerang bagian tubuh luar yaitu kulit, pengobatan dilakukan sehingga nantinya sel-sel kanker tersebut tidak menyebar ke bagian tubuh yang lainnya apalagi sangat berbahaya dan resikonya tinggi hingga menyebabkan kematian.
  2. Alergi kulit, sebuah kondisi yang cukup sering dialami oleh masyarakat, disebabkan oleh hal-hal yang sifatnya juga allergen pada tubuh mereka, seperti diantaranya adalah serbuk sari bunga, debu hingga beberapa jenis makanan tertentu, sehingga harus segera diatasi secara tepat.
  3. Infeksi jamur, dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin ini nantinya juga bekerja untuk mengatasi kondisi kesehatan yang disebabkan oleh infeksi jamur, seperti yang paling sering terjadi adalah jamur Candida, jamur ini bisa menginfeksi siapa saja hampir di seluruh bagian tubuh, namun yang paling sering memang adalah lipatan-lipatan.
  4. Herpes Zoster, penyakit ini dikenal juga dengan nama cacar, ditandai dengan gejala seperti ruam kulit hingga rasa nyeri, lama kelamaan bagian tersebut akan semakin memerah hingga mengelupas atau melepuh, sehingga butuh segera ditangani sehingga nantinya tidak menyebabkan bekas yang mendalam.
  5. Psoriasis, beberapa orang mengalami kondisi kesehatan yang satu ini, dimana produksi sel-sel kulit terlalu cepat, sehingga ada penumpukan kulit yang tampak tebal, mirip seperti sisik dan juga ada beberapa bagian yang memerah, gatal juga kering.
  6. Gonorrhea, penyakit menular seksual ini juga paling sering dialami oleh masyarakat, apalagi mereka yang tidak sehat di dalam berhubungan seksual seperti diantaranya adalah sering gonta-ganti pasangan atau seks bebas. Sehingga menimbulkan beberapa keluhan layaknya kelamin yang sakit dan keluar cairan.
  7. Syphilis, penyebab dari masalah kesehatan ini adalah infeksi bakteri Treponema Polidium, biasanya dapat terjadi disebabkan oleh aktivitas seksual yang tidak sehat layaknya seks oral dan juga anal, sehingga bakteri cepat untuk menginfeksi.
  8. Chlamydia, penyakit seksual yang satu ini umumnya dialami oleh wanita, faktor penyebabnya sendiri adalah infeksi dari Chlamydia trachomatis karena aktivitas seksual yang kurang sehat.
  9. HPV, ini merupakan masalah atau penyakit seksual yang cukup serius karena bisa menyebabkan kanker, disebabkan oleh penularan virus HPV atau yang dikenal sebagai Human Papillomavirus.

Berobat kepada dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin ini jika mengalami beberapa masalah kesehatan di atas, sehingga nantinya pengobatan juga akan berlangsung secara lebih efektif. Ingat bahwa pengobatan yang tepat juga akan mempercepat penyembuhan, jadi jangan menunda-nunda apalagi takut berobat karena malu dengan penyakit yang diderita, karena beberapa orang mengalami masalah tersebut saat terkena penyakit kelamin.

0 komentar:

Posting Komentar