Berita Update dan Terkini

Selasa, 27 Agustus 2019

Mengapa Tubuh Manusia Bisa Mati Rasa



Mati rasa mungkin bagi sebagian orang merasa bahwa mati rasa itu adalah hal yang biasa saja. Akan tetapi apabila diabaikan maka mati rasa bisa menjadi sesuatu yang berbahaya bahkan mungkin mematikan. Jika dianggap bahwa kebas merupakan sesuatu yang tidak mengancam, akan tetapi justru dari gejala ini, akan muncul bahwa ada banyak penyakit yang mengintai. Oleh karenanya, tidak semua gejala yang dirasa biasa saja bisa dianggap sebagai sesuatu yang sepele. Sebagai salah satu gejala yang cukup sering ditemukan di kehidupan sehari-hari, gejala seperti ini dianggapnya sebagai sesuatu yang dapat hilang dengan sendirinya. Padahal justru dengan adanya gejala mati rasa akan muncul beberapa penyakit yang berbahaya jika anda mengalaminya.

Bagi anda yang sering mengalami mati rasa, anda perlu mengetahui beberapa penyebab terjadinya kejadian mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Seperti berikut ini penyebabnya:

  • Mati rasa pada anggota tubuh tertentu bisa disebabkan oleh tertekannya sistem syaraf tertentu yang menyebabkan sistem syaraf mengalami iritasi. Kejadian iritasi pada bagian syaraf pada dasarnya bisa menyebabkan syaraf tidak bisa merasakan apapun itu. Baik sifatnya sementara maupun yang sifatnya sedikit lebih lama. kejadian ini sebenarnya relatif tidak berbahaya untuk kesehatan. Akan tetapi perlu diwaspadai agar tidak terkena penyakit.

  • Mati rasa bisa juga disebabkan oleh beberapa penekanan yang cukup serius pada beberapa bagian tubuh tertentu. Biasanya peekanan tersebut terjadi pada waktu yang cukup lama. padatnya waktu melakukan penekanan-penekanan tertentu yang terjadi cukup lama, tentu akan mempengaruhi kinerja syarat. Terutama kinerja syaraf untuk anggota gerak. Contohnya adalah posisi duduk yang tidak benar bisa menimbulkan mati rasa. Akan tetapi kejadian ini sama sekali tidak berbahaya untuk kesehatan anda secara keseluruhan. Sehingga wajar apabila ketika selesai mengikuti aktivitas tertentu, anda akan merasakan anggota badan tidak dapat digerakkan sama sekali dalam waktu tertentu. Oleh karenanya apabila melakukan aktivitas jangan pernah lupa untuk mengubah posisi. Tujuannya agar tidak terjadi sensasi mati rasa dalam waktu lama.

  • Kondisi mati rasa bisa menjadi salah satu pertanda bahwa anda mengalami sesuatu penyakit tertentu. Misalnya penyakit diabetes. Pada penderita diabetes, mati rasa bisa dirasakan oleh penderita. Sebab kondisi gula darah yang sudah dangat tinggi membuat darah menjadi kental. Kekentalan darah yang terlalu tinggi inilah yang menyebabkan kondisi beberapa anggota tubuh tertentu menjadi mati rasa. Alasannya adalah ketika aliran darah tidak lancar maka pergerakan anggota tubuh menjadi sedikit terganggu. Termasuk kondisi syaraf pada bagian tuuh tertentu menjadi sedikit terganggu fungsinya.  Oleh karenanya, tidak heran jia pada penderita diabetes sering sekali terjadi gangguan seperti mati rasa tersebut.

  • Mati rasa pada tubuh juga bisa menyerang kepada pasien yang menderita kanker. Khususnya pada kasus kanker otak. Sel kanker yang mulai menyerang pada bagian syaraf membuat tubuh menjadi sedikit mati rasa. Sel kanker yang sudah terlalu parah menyebar bisa saja seketika menekan sel syaraf yang ada di bagian otak dan seluruh pemicu rasa sakit. Penekanan pada sel syaraf otak itulah yang menyebabkan terjadinya mati rasa pada penderita kanker otak. Kondisi seperti ini tentu solusinya adalah pasien harus memeriksakan diri ke dokter kemudian melakukan pemeriksaan sel syarraf yang mempengaruhi penekanan terhdap rasa sakit yang berlebihan pada tubuh.

Mati rasa yang dirasakan oleh pasien-pasien dengan penyakit tertentu memang harus dilakukan pemeriksaan bahkan dilakukan pengobatan secara berkala. Sebab jika tidak segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan benar, maka mati rasa ini justru menjadi salah satu pertanda tubuh mengalami gangguan kesehatan. Waspada pada gejala yang timbul pada bagian tubuh tertentu memang wajib diwaspadai. Terutama jika sudah terjadi pada kehidupan sehari-hari. Sehingga gejala yang ditimbulkan tubuh menjadi salah satu cara tubuh agar bisa memberitahukan bahwa tubuh sedang dalam masalah kesehatan yang cukup serius. Tanpa adanya penanganan yang serius, maka mati rasa pada bagian tubuh bisa menjadi sebuah masalah besar bagi kesehatan terutama untuk yang memiliki kasus serius.

0 komentar:

Posting Komentar