Berita Update dan Terkini

Senin, 29 Juli 2019

Penyebab dan Gejala Mual dan Muntah Pada Saat Kehamilan



Muntah merupakan kondisi perut yang tidak dapat dikontrol sehingga menyebabkan perut mengeluarkan isinya melalui mulut secara terpaksa. Sedangkan mual yaitu perasaan ingin mengalami muntah namun tidak mampu mengeluarkan isi perut. Rasa mual merupakan perasaan yang sangat tidak menyenangkan dan memicu seseorang ingin muntah.

Muntah merupakan pengeluaran isi lambung yang terjadinya dibantu dengan kontraksi otot yang cukup kuat. Mual dan muntah bukanlah suatu penyakit, namun gejala dari kondisi penyakit lain yang perlu dicari penyebabnya. Sehingga dibutuhkan obat mual muntah terpercaya resep dokter untuk mengatasinya.

Penyebab Terjadinya Mual dan Muntah

Ada banyak hal yang dapat memicu seseorang mengalami mual dan muntah. Beberapa penyebab mual dan muntah yang sering terjadi antara lain makan terlalu banyak, keracunan makanan, mengkonsumsi obat tertentu seperti obat luka operasi, infeksi virus, kehamilan awal, morning sickness, sakit kepala sebelah (migrain) atau sakit kepala berputar (vertigo).

Selain itu, Racun kimia pada paparan lingkungan tertentu juga dapat menyebabkan mual dan muntah. Nyeri intensif dan bau yang sangat tajam atau menyengat juga dapat menyebabkan seseorang mengalami mual dan muntah. 

Namun ada beberapa kondisi tertentu yang dapat menyebabkan mual dan muntah antara lain, radang usus buntu (Apendistis), radang selaput otak (Meningitis) atau radang jaringan otak (Ensefalitis), tumor otak, gegar otak dan penyumbatan usus.

Gejala Mual dan Muntah

1. Pada anak-anak
Muntah yang disertai dengan diare dapat menyebabkan dehidrasi yang berbahaya. Hal ini lebih sering terjadi pada anak-anak. Ketika merawat anak yang sakit dan mengalami muntah, maka harus waspada terhadap gejala dehidrasi. Hal tersebut dapat ditandai dengan bibir dan mulut kering dan pecah-pecah, nadi cepat, mata cekung dan napas lebih cepat.

Selain itu, gejala lain yang dapat Anda lihat yaitu anak menangis tanpa mengeluarkan air mata, air kencing menjadi lebih kental. Sementara kasus pada bayi, biasanya akan terlihat cekung pada ubun-ubun dan bayi akan semakin kurang mengalami kencing.

2. Pada orang dewasa
Mual dan muntah pada umumnya terjadi pada mereka yang mengalami infeksi, mulai dari influenza hingga gastroententis. Gejala yang terjadi pada anak-anak dan orang dewasa hampir sama sehingga harus segera mendapatkan penanganan tenaga kesehatan.


1 komentar:

  1. artikel yang bagus, jangan lupa mampir untuk bermain
    Judi Online IDN Poker
    Permainan Poker Online Paling Atraktif Rasakan serunya permainan yang luar biasa disini

    BalasHapus