Berita Update dan Terkini

Senin, 08 Juli 2019

5 Tips dan Cara Mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)



Setiap orang bermimpi untuk memiliki rumah sendiri. Segala usaha akan dikerahkan untuk mewujudkan mimpi tersebut. Sebab harga rumah di zaman sekarang sudah terbilang mahal, dan inilah yang menjadi perkara utama. Hal inilah yang membuat banyak orang belum siap memilikinya. Kini, pihak bank memudahkan kita untuk memiliki rumah dan menjadikan dana cepat Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebagai penyelesaian atas permasalahan mengatasi kemahalan tersebut.

Pilihan ini dianggap sebagai solusi tepat dalam memiliki rumah dengan sejumlah uang muka (DP) yang cukup bisa dijangkau dan bersahabat. Anda yang sudah pernah mencari rumah tentunya paham suka dukanya. Mulai dari mencari rumah yang lokasinya strategis, harganya pas di kantong, hingga proses pembeliannya. Namanya beli rumah, pastinya tidak bisa disamakan dengan beli gorengan. Karena harganya mahal, Anda harus lebih teliti dan sabar dalam pencarian dan pembeliannya.

Membeli rumah juga pasti ada saja kendalanya, entah harganya yang kurang sesuai, hingga berebut rumah dengan peminat lainnya. Nah, jika Anda tidak mau kecolongan terus karena uang belum cukup, tentunya Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa jadi solusinya. Panduan lengkap cara mengajukan KPR di Indonesia bisa jadi pedoman wajib bagi Anda yang berniat membeli rumah dengan cara dicicil.  ApalagI mengajukan juga menjadi cara favorit bagi kebanyakan orang di Indonesia untuk membeli rumah. 

Tips dan Cara Mengajukan KPR Agar Tidak Ditolak

Mengajukan KPR ke bank tak semudah yang dikira, mengapa? Karena bank selalu menerapkan sejumlah aturan yang ketat bagi yang ingin mengajukan KPR. Banyak diantaranya mengalami penolakan saat mengajukan KPR berulang kali. Ketatnya sejumlah aturan dan kebijakan yang diterapkan bank ini, sejujurnya bukan bermaksud memberatkan siapa pun yang ingin mengajukan KPR ini.

Perlu diperhatikan, KPR pada dasarnya akan melibatkan dana cepat yang sangat besar. Jadi, wajar saja kalau bank sangat berhati-hati saat memberikan kredit ini kepada nasabah yang layak mendapatkannya dan melihat siklus keuangan yang berputar pada rekening Anda. Hal ini patut menjadi perhatian khusus bagi Anda yang akan mengajukan KPR. Sebab Anda tak ingin ditolak, bukan? Di bawah ini ada beberapa tips mengajukan KPR agar tidak ditolak.

1. Kumpulkan Informasi dan Pahami dengan Seksama
Melalui teknologi internet, Anda dapat menemukan berbagai informasi tentang KPR di berbagai website keuangan bahkan jual rumah online sekalipun. Di sana Anda bahkan bisa menanyakan dan membaca berbagai hal yang ingin diketahui terkait KPR. Pada umumnya, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sudah dengan jawaban terbaik konsultan keuangan.

Temukan segala informasi yang dibutuhkan, seperti proses dan cara pengajuan, besaran bunga dan cicilan, atau sejumlah penalti yang dibayarkan. Kumpulkan informasi dari beberapa bank sekaligus agar Anda bisa memiliki sejumlah referensi yang memadai. Jadi Anda tak perlu terburu-buru mendatangi bank untuk mengajukan KPR. Terlebih Anda melakukannya tanpa persiapan yang jelas.

2. Pastikan Dokumen Persyaratan Lengkap
Tentunya, pengajuan kredit membutuhkan sejumlah dokumen yang harus dilengkapi. Semakin lengkap dokumen Anda, tentu saja prosesnya akan semakin cepat. Ingat, sebaiknya jangan memanipulasi data terutama mengenai kemampuan finansial. Hal tersebut akan merusak kredibilitas Anda, bahkan saat kondisi ekonomi sudah mumpuni.

3. Memahami Seluk Beluk Rumah dengan Terperinci
Anda perlu memahami rumah yang akan dibeli dengan menyeluruh dan terperinci sebelum melakukan pembelian lebih lanjut. Seperti bagaimana kondisinya, apakah perlu dibangun atau diperbaiki, kemudian berapa harganya, berapa biaya perawatannya, serta biaya keamanan.

Seluruh pengetahuan ini akan berguna bagi Anda dalam menghitung berapa uang muka yang perlu Anda siapkan serta berapa besar angsuran yang nantinya kira-kira Anda bayarkan. Penting untuk mengukur kemampuan finansial terlebih dahulu sebelum Anda mengajukan KPR.

4. Pilih Bank dengan Layanan KPR Terbaik
Hampir semua bank memberikan pelayanan dana cepat KPR, tapi jangan memilih sembarangan bank, ya. Meskipun pengajuan KPR sulit disetujui, selalu pastikan untuk memilih bank dengan layanan terbaik. Sebab KPR akan menjadi kewajiban Anda dalam jangka panjang dan bukan waktu sebentar.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk menemukan bank yang memiliki layanan dan standar kualitas terbaik untuk urusan yang satu ini. Pastikan Anda akan puas nantinya dengan pelayanan bank tersebut. Pilih juga bank yang memiliki suku bunga yang paling rendah namun sesuai dengan kenyamanan Anda.

5. Menyadari Kemampuan Berbayar
Bank Indonesia telah mengeluarkan kebijakan baru soal KPR. Salah satunya uang muka tidak dibiayai oleh bank. Jadi, setiap pemohon KPR harus menyiapkan dana untuk pembayaran uang muka, yakni sekitar 30 persen dari harga jual. Begitu juga dengan kemampuan membayar cicilan KPR. Besarnya cicilan ditentukan berdasarkan total kredit, uang muka, jangka waktu kredit dan rasio penghasilan rutin per bulan. Artinya, total semua tanggungan kredit Anda meliputi KPR, cicilan dan kewajiban lainnya, harus berada di bawah angka tersebut.

Nah, demikianlah beberapa tips dan cara mengajukan KPR agar tidak ditolak oleh pihak bank. Aplikasikan tips-tips di atas saat Anda berniat membeli rumah agar mendapat dana cepat https://www.cekaja.com/kredit yang cukup untuk uang muka. Tips dan cara di atas semoga bermanfaat bagi Anda yang tengah berniat membeli rumah dalam waktu dekat ini.


1 komentar: