Berita Update dan Terkini

Sabtu, 22 Juni 2019

Siapkan Beberapa Hal Berikut Sebelum Melakukan Kredit Mobil Bekas



Mobil sebagai salah satu alat transportasi yang menunjang aktivitas sehari-hari membuat sebagian orang melakukan kredit mobil bekas untuk membantu memenuhi kebutuhannya. Dengan mengajukan kredit ini tentu akan mendapatkan beberapa keuntungan tertentu seperti pembayarannya yang bisa diangsur yang tentu tidak akan memberatkan.

Namun sebelum mengajukan kredit mobil alangkah baiknya untuk memperhatikan setiap apa saja yang diperlukan sebelum mengajukan kredit. Selain itu juga sebagai bentuk persiapan yang matang agar ketika mengajukan kredit sudah siap persyaratannya.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan sebelum melakukan mengajukan kredit :

1. Informasi yang sebanyak-banyaknya
Sebelum mengajukan kredit sebaiknya untuk memahami secara betul konsep dari kredit itu sendiri. Sehingga nantinya agar tidak salah memahami bagaimana sistem kredit kedepannya. Selain itu dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya nantinya akan mengetahui bagaimana perusahaan yang menawarkan kredit antara satu dengan yang lainnya.
     
Dengan informasi ini juga akan memantapkan niat untuk melakukan kredit kedepannya. Sehingga ketika mengajukan kredit tidak hanya setuju-setuju saja dengan perjanjian yang ditawarkan oleh suatu perusahaan tersebut, melainkan juga dengan bekal informasi yang kita punya bisa melakukan negosiasi yang setidaknya memberikan keuntungan kepada kita yang akan melakukan kredit. 
     
Sehingga jika negosiasi yang kita lakukan berhasil maka tentu akan menguntungkan bagi kita. Maka dari itu galilah informasi sebanyak-banyaknya dan jangan malu atau takut untuk bernegosiasi. Biasanya perusahaan akan tertarik dengan negosiasi yang bisa menyakinkannya dan kreditur yang percaya diri.
     
2. Uang muka
Untuk mengajukan kredit alangkah baiknya sudah menyiapkan uang muka yang cukup sebagai bentuk persetujuan kredit. Sebaiknya jika ingin mendapatkan pembayaran cicilan yang ringan per bulannya ada baiknya untuk menyiapkan uang kredit yang lebih besar.
     
Biasanya untuk kredit, uang muka yang disiapkan adalah setidaknya 20-25%. Tidak ada salahnya jika kita menyiapkan uang muka sebanyak 30% atau lebih. Hal ini tentu akan meringankan beban pembayaran perbulannya sesuai dengan tenor yang akan kita pilih nantinya. 
     
3. Persyaratan administrasi
Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah terkait dengan persyaratan administrasi. Untuk persyaratan ini biasanya memang sedikit merepotkan, tetapi semua itu adalah untuk kepentingan kita sendiri untuk pengurusan kepemilikan mobil yang akan kita beli secara kredit. 
     
Harus diketahui secara detail apakah kita akan menggunakan lembaga pembiayaan melalui bank atau leasing. Alangkah baiknya untuk mengetahui perbedaan keduanya sebelum memutuskan. Hal ini karena keduanya memiliki sisi-sisi yang berbeda dan ada keuntungan maupun kekurangan tersendiri dari keduanya. 
     
4. Kemampuan finansial kedepannya
Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit sebaiknya untuk mengukur tingkat kemampuan finansial sendiri. Hal ini tentu akan berpengaruh pada beban pembayaran yang akan kita bayarkan per bulannya ke depan. Sehingga dengan mengukur kemampuan finansial ini bisa juga untuk mengambil tenor yang kita butuhkan untuk melunasi jumlah keseluruhan yang harus dibayar.
     
Karena tidak ada yang tahu mengenai kondisi keuangan seseorang kedepannya. Sehingga untuk tidak terlalu membebani sebaiknya mengambil tenor dengan jangka waktu yang agak lama. Namun yang perlu diketahui dari hal ini adalah dengan jangka waktu yang agak lama tersebut sebenarnya jika dihitung secara keseluruhan nanti jumlah yang kita bayarkan lebih besar daripada jumlah yang sebenarnya.
     
Namun hal itu tentu jika tidak ada pilihan bisa menjadi keputusan daripada mengambil tenor berjangka waktu pendek dengan jumlah cicilan yang lumayan besar perbulannya, jika sewaktu-waktu kondisi keuangan sedang tidak stabil bisa mengakibatkan kredit macet. Untuk itu hal-hal seperti ini harus dipertimbangkan secara baik-baik.

Demikianlah beberapa informasi terkait persiapan kredit mobil bekas. Sebaiknya untuk mempersiapkan dengan sebaik-baiknya agar tidak terjadi kekecewaan kemudian. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar