Berita Update dan Terkini

Kamis, 20 Juni 2019

Kelebihan Menggunakan Detergent Cair Khusus Bayi



Mungkin sebagia besar orang tua saat ini masih belum tahu jika detergent bubuk biasa kurang cocok digunakan untuk mencuci pakaian bayi. Apalagi jika bayi Anda memiliki kondisi kulit yang sensitif, mudah alergi, atau sedang menderita dermatitis/eksim. Anda sebaiknya beralih menggunakan detergent khusus baju bayi dalam bentuk cair yang lebih aman.

Kelebihan Menggunakan  Detergent Khusus Bayi

Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan detergent bubuk biasa, namun detergent cair khusus baju bayi memiliki beberapa kelebihan yang bisa Anda pertimbangkan seperti:

  1. Detergent cair untuk bayi memiliki pH yang cenderung lebih rendah, sedangkan detergent bubuk biasanya memiliki pH sangat basa (13-15). Detergent yang terlalu basa ini mungkin bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif. 
  2. Detergent cair untuk pakaian bayi biasanya tidak ditambah dengan bahan kimia pewangi atau pemutih pakaian yang sangat keras untuk kulit bayi. 
  3. Detergent jenis ini juga biasanya tidak memiliki kandungan zat aktif SLES atau SLS seperti halnya pada detergent bubuk biasa. Dua bahan aktif ini yang berperan menghasilkan banyak busa pembersih ternyata tidak begitu baik pada kulit bayi. 
  4. Detergent khusus untuk bayi dalam bentuk cair mudah tercampur dengan air serta tidak meninggalkan residu pada serat-serat kain. Residu ini bisa saja berbahaya pada bayi yang sensitive karena bisa menimbulkan reaksi alergi, iritasi kulit, iritasi mata, atau gangguan pernafasan. 
  5. Jika bayi Anda menderita eksim, sebaiknya Anda menggunakan detergent bayi. Karena sabun cuci biasa ternyata bisa memperparah eksim yang diderita oleh sibuah hati.


Tanda-tanda Alergi Detergent pada Bayi

Bayi yang mengalami reaksi alergi akibat penggunaan detergent yang salah akan menunjukkan beberapa gejala seperti:

  • Rewel karena kulitnya gatal.
  • Muncul ruam-ruam merah.
  • Muncul peradangan pada beberapa bagian kulit.
  • Muncul bintik-bintik kemerahan yang terlihat kering. 


Tidak semua bayi akan mengalami alergi saat menggunakan detergent biasa. Kejadian ini mungkin bisa dialami oleh bayi yang memiliki jenis kulit sensitif. Jika buah hati Anda tidak menunjukkan gejala seperti di atas saat menggunakan detergent biasa, Anda bisa tetap menggunakannya. Tapi sebaiknya Anda tetap memilih detergent untuk baju bayi yang berbentuk cair karena dinilai lebih aman.



0 komentar:

Posting Komentar