Berita Update dan Terkini

Sabtu, 25 Mei 2019

Tips Melahirkan Normal Lancar dan Cepat pada Persalinan Pertama



Rasa Khawatir pada proses melahirkan umum dirasakan oleh ibu pada kehamilan pertama. Ada beberapa hal yang yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah proses persalinan. Berikut ini adalah tips melahirkan normal lancar dan cepat, agar persalinan pertama tak lagi menjadi momok menakutkan bagi ibu.

1. Pola Hidup Sehat
Proses persalinan membutuhkan stamina dan ketahanan fisik ekstra. Maka dari itu menjaga kebugaran tubuh saat masa kehamilan, dapat membantu Anda menjalani persalinan dengan lebih mudah. Ketika tubuh dalam kondisi fit dan daya tahan tubuh baik, Anda tidak memerlukan bantuan epidural atau obat medis lain.

Usahakanlah melakukan olahraga rutin, seperti berenang, jalan kaki, atau mengikuti kelas olahraga khusus bagi ibu hamil. Asupan nutrisi dan istirahat yang cukup juga membantu Anda dalam menjaga tubuh tetap dalam kondisi baik. Hal ini merupakan tips melahirkan normal lancar dan cepat yang paling utama.

2. Tenang
Proses persalinan rata-rata berlangsung sekitar 12 hingga 14 jam sejak kontraksi pertama terjadi. Pada saat kontraksi Anda akan merasakan kram pada bagian bawah punggung kemudian perut baguan bawah. Rasanya memang sangat tidak nyaman, tapi jika Anda menghitung setiap kontraksi dan mulai mengkhawatirkan kontraksi berikutnya, stres dapat muncul.

Stress dapat membuat Anda lebih cepat lelah dan lemas. Cobalah untuk tenang dengan mengalihkan perhatian dengan melakukan aktivitas lain seperti berjalan, mengobrol dengan pasangan atau hal apapun yang dapat membuat Anda lebih rileks.

3. Pemilihan Makanan
Persalinan memang membutuhkan banyak energy, namun mengonsumsi makanan yang terlalu banyak dan berlemak dapat membuat Anda merasa mual di fase akhir persalinan. Pilihlah makanan ringan yang tidak terlalu berlemak dan cepat mengenyangkan untuk menambah energi untuk persalinan. Serta perbanyak minum air putih untuk menambah cairan di pembuluh darah.

4. Berendam dengan Air Hangat
Jika Anda mengalami kontraksi yang berat namun dokter mengatakan belum saatnya, Anda bisa berendam di air hangat untuk beberapa saat. Hal ini dapat membuat otot-otot tubuh Anda yang tegang akibat kontraksi bisa sedikit rileks. Sehingga mengurangu rasa kram karena kontraksi.

5. Lakukan Pijatan
Sebuah studi Klinik yang dilakukan di Miami University, menyatakan bahwa memijat perempuan saat proses persalinan berlangsung dapat mengurangi rasa sakit dan menurunkan tingat kegelisahan si ibu. Mintalah kepada pasangan Anda untuk melakukan pijatan-pijatan lembut pada Anda saat Anda mulai merasakan kontraksi awal.

6. Jangan Berbaring
Usahakan untuk duduk tegak ketika menunggu proses persalinan, karena gaya gravitasi akan membantu kepala bayi menekan mulut rahim dan mengakibatkan terbukanya jalan lahir. Posisi lain juga bisa ada coba, seperti berlutut, berdiri atau jongkok. Gerakan ini dapat memperlebar panggul Anda, sehingga kepala bayi mudah keluar.

7. Bernafas dengan Teratur
Menarik nafas dan menghembusan nafas tidak hanya berguna selama kontraksi berlangsung, tapi juga dapat mengurangi ketegangan di bagian tubuh yang kram karena kontraksi. Hal ini juga dapat membuat Anda lebih rileks dan tenang.

Beberapa tips melahirkan normal lancar dan cepat yang dapat Anda lakukan. Semoga bahasa di atas bisa membantu Anda menjalani proses persalinan pertama Anda dengan lancar. Berbagai artikel menarik tentang ibu dan anak Anda baca di Orami Magazine dengan mengunjungi laman orami.co.id.

0 komentar:

Posting Komentar