Berita Update dan Terkini

Selasa, 09 April 2019

Cara Merawat Motor Sport agar Tetap Awet



Saat ini motor bukan lah sekedar alat transportasi, namun juga gaya hidup. Anda yang menyukai motor sport tentu harus melakukan perawatan ekstra agar motor kesayangan Anda tidak mengalami kerusakan karena harga service motor jenis ini yang tidak murah. Berikut cara merawat motor Anda agar tetap awet.

1. Hidupkan Mesin Setiap Hari
Walaupun Anda tidak menggunakan motor setiap hari untuk bepergian, sebaiknya Anda menghidupkan mesin motor setiap hari. Hidupkan motor secara rutin selama 15 menit setiap pagi atau pun sore hari. 

Menghidupkan motor setiap hari berguna agar komponen-komponen yang dimiliki di dalam motor tetap bekerja dengan baik sesuai tugas nya masing-masing. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya karatan atau kerak pada motor.

2. Cek Oli Mesin
Selain menghidupkan mesin setiap hari, Anda juga harus mengecek ketinggian oli mesin. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah oli mesin pada motor masing tinggi atau sudah rendah. 

Seperti yang Anda tahu, oli memiliki peran yang sangat penting untuk melumasi seluruh bagian mesin agar selalu bersih. Oli mesin motor kesan yang Anda juga harus diganti secara berkala, paling tidak 1 atau 2 bukansekali. 

Penggantian oli sendiri sebenarnya bergantung pada intensitas penggunaan motor Anda sehari-hari. Namun lebih disarankan untuk Anda melakukan ganti oli mesin setiap sebulan sekali untuk menjaga kondisi mesin agar menjadi lebih awet.

3. Gunakan Bahan Bakar yang Berkualitas
Cara melakukan perawatan yang tidak boleh Anda lupakan adalah menggunakan bahan bakar yang memiliki kualitas baik. Perlu Anda ketahui bahwa pada setiap motor sport tertanam mesin yang terdiri dari komponen dengan kualitas yang tinggi. Bukan hanya itu, motor ini memiliki harga yang tinggi sehingga perlu menggunakan bahan bakar yang juga berkualitas tinggi.

4. Cek Sistem Kelistrikan
Anda juga perlu memperhatikan system kelistrikan yang memiliki peran sangat penting di setiap alat transportasi. Apalagi motor jenis sport adalah motor yang menggunakan sistem starter electric sehingga Anda perlu untuk selalu memperhatikan kondisi kelistrikan pada motor.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek kondisi aki. Pengecekan tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah aki dalam kondisi masih layak pakai atau perlu dilakukan pembersihan pada dua terminal aki motor kesayangan Anda ini agar tidak berkarat tau hal lain yang akan menghambat arus listrik pada motor.

5. Service secara Rutin
Cara merawat motor yang harus Anda lakukan dan tidak boleh ditinggalkan adalah melakukan service secara rutin. Service dilakukan agar Anda senantiasa mengetahui bagian mana pada motor Anda yang perlu mendapatkan perawatan atau komponen apa yang perlu Anda ganti dengan yang baru.

Pastikan Anda melakukan service pada tempat yang memang mengetahui seluk beluk mengenai motor jenis sport atau lebih mudah lagi jika Anda melakukan service di bengkel resmi dari motor kesayangan Anda ini. Hal ini dilakukan agar Anda tidak kecewa dan motor Anda mendapatkan perawatan yang benar sehingga tidak malah membuat motor Anda menjadi semakin rusak.

6. Perhatikan Kondisi Ban dan Rantai
Cara merawat motor yang juga tidak boleh Anda lewat kan adalah mengecek kondisi ban dan juga rantai motor. Di mana Anda ketahui, kedua komponen tersebut memiliki peran yang sangat penting. Apalagi ban merupakan tumpuan terakhir disetiap motor. 

Kemudian untuk rantai, Anda juga perlu melakukan perawatan. perawatan yang dilakukan seperti melumasi rantai dengan pelumas khusus dan lakukan pengecekan apakah kondisi rantai masih kencang atau sudah mulai kendor.

Itulah cara merawat motor sport agar tetap awet. Sebagian cara merawat motor tersebut bisa Anda lakukan di rumah secara rutin setiap hari untuk menjaga keawetan motor kesayangan Anda.

1 komentar: