Berita Update dan Terkini

Minggu, 31 Maret 2019

Cara Melegakan Hidung Tersumbat Pada Bayi



Mengalami hidung tersumbat saat sedang terkena flu memang cukup mengganggu. Jika pada orang dewasa hal ini akan mengurangi kenyamanan dalam bernafas, hal yang sama juga berlaku demikian saat bayi mengalami hidung tersumbat. Bahkan tak jarang bayi akan menjadi rewel dan mudah menangis sepanjang hari lantaran pernafasannya tersumbat. Sebagai orang tua, tentunya Anda tidak boleh diam begitu saja. Anda bisa melakukan berbagai upaya untuk meringankan gejala hidung tersumbat ini.

Karena kondisi ini, tak jarang nafsu makan si kecil menjadi menurun. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian para orang tua mengingat di masa pertumbuhannya bayi sangat dijaga berat badannya bahkan harus dinaikkan agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Anda bisa menggunakan obat pilek resep dokter untuk mengatasi hal ini. Namun bagi Anda yang melakukan perawatan pada si kecil di rumah, bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Menggunakan obat saline pada hidung
Saline merupakan obat semprot untuk hidung yang aman digunakan oleh bayi maupun anak-anak. Obat ini berguna untuk mengurangi lendir yang menjadi penyebab penyumbatan pada hidung. Untuk menggunakan obat ini, terlebih dahulu posisikan bayi dengan telentang. Dongakkan sedikit kepala bayi untuk memudahkan meneteskan obat ini. Teteskan sebanyak 2-3 kali pada masing-masing lubang dan tunggu hingga 60 detik karena nantinya lendir akan keluar dan bayi mulai bersin.

2. Menggunakan bulb syringe untuk menyedot ingus bayi
Alat ini bisa digunakan pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan saat mengalami hidung tersumbat. Anda bisa menemukan alat ini di apotek-apotek dengan mudah.

3. Mengatur posisi tidur si kecil yang memudahkan untuk bernafas
Saat berbaring, posisikan si kecil dengan posisi senyaman mungkin agar mampu menghirup udara dengan baik saat hidung sedang tersumbat. Anda bisa meninggikan posisi kepala si kecil agar mudah menghirup udara dan lendir tidak menggumpal dalam hidung.

4. Menggunakan mesin pelembab udara atau humidfier
Selain memberikan obat pilek untuk bayi yang aman, Anda bisa membantu melegakan pernafasan si kecil dengan humidfier. Alat ini akan membuat udara menjadi lebih hangat dan lembab sehingga lendir dalam hidung tidak keras.




1 komentar: