Jumat, 08 Februari 2019

Cara Menyusui: Nutrisi Penting untuk Ibu Menyusui



Tidak hanya wajib tahu cara menyusui yang benar, ibu juga mesti menyiapkan diri dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Tujuannya agar nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui bisa terpenuhi. Dengan begitu, nantinya kualitas ASI pun menjadi baik.

Yuk lihat di bawah ini beberapa nutrisi penting untuk ibu menyusui. 

1. Kalsium
Ini merupakan nutrisi yang wajib terpenuhi oleh ibu menyusui. Manfaatnya berpengaruh terhadap pertumbuhan bayi nantinya. Bayi yang sehat selalu ditunjang dengan asupan kalsium yang memadai. Kalsium ini nantinya digunakan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. 

Oleh karena itu, setiap kali ibu makan dan minum, pastikan makanan dan minuman tersebut mengandung kalsium yang cukup. Bagi ibu menyusui, kalsium yang memadai juga berperan untuk menguatkan tulang sehingga terhindari dari osteoporosis.

Takaran ideal minimal kalsium yang perlu dikonsumsi ibu hamil adalah 1.000 mg per hari. Untuk cara mudah memenuhinya, ibu bisa minum 2,5 gelas susu berkalsium per hari. Dengan demikian, kebutuhan kalsium ibu akan selalu terpenuhi. 

2. Vitamin B12
Di samping perlu meningkatkan teknik cara menyusui yang benar, ibu menyusui juga perlu memastikan asupan vitamin B12 terpenuhi. Vitamin ini berperan penting dalam produksi sel darah merah dan membentuk sistem saraf yang sehat. 

Takaran vitamin B12 yang dibutuhkan ibu menyusui adalah sebesar 0,4 mg / hari. Vitamin tersebut bisa didapatkan dari makanan seperti daging, telur, dan produk susu. Bisa juga diperoleh dari kacang-kacangan atau jamur. Atau mungkin jika diperlukan bisa mengonsumsi suplemen Vitamin B12.

3.  Vitamin A
Vitamin A juga amat penting bagi pertumbuhan bayi Anda. Manfaatnya untuk mendorong perkembangan tulang, penglihatan, kekebalan tubuh, dan pertumbuhan sel dan jaringan

Oleh karena itu ASI yang dikonsumsi bayi harus banyak mengandung vitamin A. Saat ibu menyusui, membutuhkan 1.100 μg / hari vitamin A. Makanan seperti wortel, ubi jalar dan sayuran kaya akan makanan ini. Beberapa buah-buahan juga memiliki kandungan ini. Oleh karena itu, ibu perlu pastikan selalu terpenuhi kebutuhan vitamin A-nya setiap hari. 

4. Vitamin D
Banyak orang menyarankan ibu menyusui agar sering berjemur di pagi hari. Cukup sekitar 20 menit untuk bisa mendapatkan Vitamin D. 

Manfaat vitamin D dapat mendukung peran kalsium. Selain itu juga berkaitan dengan tekanan darah. Oleh karena itu banyak pakar cara menyusui menyarankan agar ibu tidak sampai kekurangan vitamin D. Jika misalnya tak sempat untuk berjemur, bisa coba mencari suplemen yang mengandung vitamin D.

5. Cairan
Banyak ibu menyusui sadar bahwa cara menyusui yang baik itu tidak hanya terkait dengan teknik menyusui, tapi kondisi ibu juga harus dalam keadaan prima agar ASI selalu berkualitas. 

Untuk itu, ibu harus memastikan cukup cairan agar tidak mengalami dehidrasi. Jika sampai kurang cairan bisa menyebabkan mood menjadi kurang baik dan bahkan sakit kepala. Minimal ibu harus minum 8 gelas setiap hari. Porsinya bisa ditambah jika dirasa masih kurang. 

Untuk mamastikan ibu menyusui selalu tercukupi cairan bisa dengan membawa botol khusus sehingga ibu pun bisa dengan mudah menghitung kebutuhan minum setiap hari. Jika misalnya bosan hanya minum air putih, bisa tambahkan lemon atau jeruk nipis untuk memberi rasa yang lebih enak. 

6. Seng
Seng juga berperan penting dalam pencernaan dan metabolisme. Saat proses menyusui, ibu membutuhkan zinc sebesar 3,2 mg per hari. Kandungan zinc ini banyak terdapat dalam makanan laut, daging sapi, sereal, oatmeal, kacang hijau, susu, tahu, jagung, kacang polong, delima, dan alpukat.

Nah itulah beberapa nutrisi penting bagi ibu menyusuai. Sekarang sudah tahu kan betapa pentingnya bukan hanya mengetahui cara menyusui, tapi ibu juga perlu mendapatkan kandungan yang cukup. 

Sebab jika hanya menguasai cara menyusui yang benar namun kandungan ASI kurang nutrisinya, nantinya akan berdampak langsung terhadap pertumbuhan bayi. Oleh karena itu, pastikan tercukupi kebutuhan nutrisi ibu.

0 komentar:

Posting Komentar