Jumat, 14 Desember 2018

Bahaya Yang Mengintai Saat Kita Mengkonsumsi Jus Buah Berlebihan


Kebiasaan minum jus sering dianggap sebagai sebuah hal yang menyehatkan dan memenuhi kebutuhan serat pada tubuh. Namun beberapa pendapat menyebut bahwa kebiasaan minum jus ini tak sepenuhnya menyehatkan.

Dilansir dari Medical Daily, kebiasaan minum jus secara berlebih terutama sebagai pengganti makanan dapat ber akibat buruk. Hal ini disinyalir dapat menyebabkan masalah makan dan berbagai masalah kesehatan sehingga hal tersebut tidak di rekomendasi kan oleh sejumlah nutrisionis.

Selain itu, penggunaan jus ini disebut bukan merupakan hal yang menghilang kan racun serta membersih kan diri. Proses ini sendiri pada dasar nya dapat dilakukan oleh tubuh secara mandiri.

Minum jus sebaiknya tidak dilakukan sebagai sumber makanan utama dan hanya sebagai pendamping makan dan pemenuh vitamin. Sumber protein dan lemak dibutuhkan dari sumber selain buah dan sayur dalam jus.

Perlu diingat juga bahwa dalam proses membuat jus, sejumlahserat yang terdapat di dalam buah dan sayur ini menjadi berkurang. Masalah yang muncul dari berkurangnya kandungan serat pada jus ini membuat tingkat gula darah jadi meningkat.

Penelitian menyebut bahwa konsumsi jus buah yang tinggi berhubungan dengan meningkat nya risiko diabetes tipe 2. Risiko ini bahkan dapat meningkat ketika mengonsumsi jus kemasan dan bukan jus buah segar.

Sebagian besar nutrisionis setuju bahwa lebih baik mengonsumsi buah dan sayur secara utuh dibanding dijadikan jus. Hal ini karena proses berkurang nya kandungan nutrisi yang mungkin ada di dalam jus.

Sebaiknya, jus tidak digunakan untuk menghidrasi diri dan diminum dalam jumlah besar. Sebaiknya konsumsi jus dibatasis ekitar 150 ml per hari.

0 komentar:

Posting Komentar